SALAH ASUHAN

RABU - MINGGU, 21.45 WIB

Tinggalkan negerimu, merantaulah ke negeri orang….

Merantau! Menimba ilmu di Amerika itulah yang menjadi impian Hanafi. seorang pemuda cerdas di kota Solok, Sumatera Barat. Untuk mewujudkan mimpi Hanafi itu, Mariam, ibu Hanafi, berusaha mencari pinjaman uang. Mariam menemui tetua kampungnya yang kaya raya, Sutan Batuah.

Melihat kepintaran Hanafi, Sutan Batuah pun memberikan pinjaman sekaligus maminang Hanafi untuk anak perempuan satu-satunya yang bernama Rapiah. Mariam menerima syarat itu tanpa sepengetahuan Hanafi. Padahal Hanafi sedang jatuh cinta dengan Corrie, sahabatnya, seorang gadis indo.
Selama di Amerika Hanafi selalu mengirim surat kepada Corrie, tetapi tidak pernah dibalas. Ternyata surat untuk Corrie disembunyikan oleh papa, yang tidak ingin Corrie berhubungan dengan Hanafi. Corrie selama ini selalu diingatkan papanya untuk tidak jatuh cinta kepada pria Indonesia, karena perbedaan budaya antara barat dan timur. Hal ini membuat Corrie mengira Hanafi sudah melupakannya dan menyetujui permintaan papa untuk melanjutkan kuliah ke Eropa.

Di lingkungan barunya, Hanafi menghadapi benturan budaya, terutama berhubungan dengan teman-temannya. Hal ini yang lama kelamaan membuat Hanafi mulai berubah perangainya. Dari yang awalnya sangat berpegang teguh pada adat, perlahan mulai terkikis.
Sementara itu Rapiah, yang belum tau jika ia dijodohkan dengan Hanafi, semakin dekat dengan Saldi, kakak kelasnya dulu. Mereka bersama-sama mengajar di sekolah dhuafa.

Tujuh tahun pun berlalu, Hanafi di Amerika sudah berubah. Kini ia menjadi orang yang kritis, berpikiran terbuka dan modern. Akhirnya Hanafi kembali pulang ke Solok setelah lulus kuliah pasca sarjana. Sesampainya di Tanah Air, Hanafi kecewa karena Corrie sudah meninggalkan Solok dan hanya menitipkan surat melalui Bujang. Kekecewaan Hanafi semakin bertambah saat tahu ibunya selama ini berhutang kepada Sutan Batuah untuk membiayai Hanafi di Amerika.

Hanafi marah kepada ibunya dan berjanji akan membayar semua hutang kepada Sutan Batuah. Mariam bingung menghadapi Hanafi yang tiba-tiba menentang dirinya selepas dari perantauan. Apalagi Hanafi sampai mendatangi rumah Sutan Batuah dan berjanji untuk melunasi hutangnya. Kejadian ini tidak hanya membuat Hanafi shock, tapi juga Rapiah yang baru tahu jika ia dijodohkan dengan Hanafi.

Apa yang akan selanjutnya dilakukan Hanafi untuk menolak perjodohannya dengan Rapiah? Apa balas budi Hanafi untuk ibunya yang telah susah payah mencari bantuan agar ia bisa merantau? Bagaimana pula kisahnya dengan Corrie gadis yang ia cintai?

Saksikan kelanjutan kisah mereka hanya di RCTI!


More Programs

DUNIA TERBALIK

SETIAP HARI, 19.30 WIB

TUKANG OJEK PENGKOLAN

SENIN - SABTU, 16.30 WIB / MINGGU, 17.00 WIB

FACE/OFF

JUMAT 19 JANUARI, 01.45 WIB

CATATAN HARIAN AISHA

SENIN - SABTU, 18.00 WIB

View All Program