Press Release

PARA NOMINE SIAP MEMPEREBUTKAN PIALA IMA AWARDS 2019

2019-03-14

 

Sebagai wujud apresiasi bagi insan perfilman nasional, RCTI kembali menyajikan perhelatan akbar Indonesian Movie Actors Awards 2019. Di tahun ke-13 penyelenggaraan Indonesian Movie Actors Awards ini, RCTI tetap berkomitmen dan konsisten dalam memberikan penghargaan demi penghargaan kepada mereka yang telah berprestasi di industri perfilman Tanah Air.


Para nomine dari 15 kategori nominasi Indonesian Movie Actors Awards 2019 telah ditentukan. Jajaran nama aktor dan aktris papan atas Indonesia dari 55 judul film siap memperebutkan masing-masing kategori nominasi, yaitu 8 kategori nominasi terbaik dan 7 kategori nominasi terfavorit yang telah ditentukan oleh Dewan Juri. Film-film tersebut  adalah film produksi Indonesia yang  dirilis baik di dalam maupun luar negeri dengan periode mulai 1 Maret 2018 sampai 31 Januari 2019.


Dewan juri telah menentukan nominasi kategori terbaik dan terfavorit berdasarkan berbagai aspek penilaian yang diperhitungkan untuk karya-karya yang layak masuk ke daftar nominasi. Selanjutnya para pemenang dari 8 kategori terbaik akan ditentukan berdasarkan pilihan juri langsung, dan 7 kategori terfavorit berdasarkan pilihan masyarakat melalui voting melalui SMS, website, sosial media (instagram), dan meTube yang dapat dilakukan dari tanggal 19 Februari hingga 13 Maret 2019. Selain itu, akan ada 1 kategori spesial yang akan diberikan pada malam puncak IMA Awards 2019, yaitu lifetime achievement.


Indonesian Movie Actors Awards adalah salah satu program spesial yang menjadi program unggulan RCTI tiap tahunnya. IMA Awards juga menjadi ajang pembuktian bagi setiap sineas perfilman bahwa karyanya adalah yang terbaik dan terfavorit. Jajaran nomine yang diisi oleh nama-nama aktor, aktris dan film-film terbaik Indonesia telah ditentukan oleh dewan juri di tiap kategorinya. Partisipasi masyarakat melalui voting juga sangat penting untuk menentukan karya terfavorit yang berhak menerima penghargaan di IMA Awards tahun ini.” ujar Dini Putri, Programming & Acquisition Director RCTI.  Pada press conference yang berlangsung siang tadi, Dini juga menekankan beberapa hal penting dalam proses penjurian IMA Awards tahun ini, “perlu diperhatikan bahwa seluruh keputusan penjurian seluruhnya merupakan pilihan juri. Kami selaku pihak penyelanggara, RCTI tidak ikut dalam proses penjurian dari mulai pemilihan nominasi hingga para pemenang di setiap kategori.”


Ditahun ini komposisi jajaran dewan juri IMA Awards kembali diisi dengan nama-nama yang sudah berpengalaman sebagai juri ditahun-tahun sebelumnya maupun nama-nama baru. Salah satu nama yang kembali menjadi dewan juri adalah Lukman Sardi, sebagai Ketua Dewan Juri pada ajang IMA Awards tahun ini. Lukman Sardi turut membagikan pengalamannya saat menjadi juri IMA Awards 2019, ”Sesuai dengan komitmen kami dari awal, bahwa ajang penghargaan IMA Awards ini fokus kepada penilaian akting dari para aktor di dalamnya. Hal ini yang membuatnya berbeda dengan ajang sejenis lainnya. Pada saat berlangsungnya proses penjurian, sempat berjalan cukup alot dan muncul argumentasi dari para dewan juri dalam menentukan para nominasi dan juga pemenang. Karya-karya insan perfilman kita yang semakin baik tiap tahunnya tentu menjadi tantangan bagi kami sebagai dewan juri untuk memilih siapa yang terbaik, ujar Lukman.”


Luna Maya merupakan salah satu nama anggota dewan juri yang baru bergabung di jajaran IMA Awards tahun ini. Luna dipilih untuk menambah keragaman sudut pandang penilaian. Selain dipilih menjadi anggota dewan juri, Luna juga masuk ke dalam nominasi “Peran Wanita Utama Terbaik” atas perannya dalam film Suzanna Bernapas dalam Kubur. Luna mengaku bangga karena dapat masuk ke dalam nominasi tesebut. “Tentunya sangat bangga, karena Suzanna juga merupakan film horror perdana saya. Walau begitu, sistem penjurian dilakukan secara fair, jadi saya tidak mungkin menilai film saya sendiri dan langsung memenangkan diri saya atas nominasi tersebut,” lanjut Luna maya sambil tertawa.


Malam Puncak IMA Awards 2019 akan dilaksanakan pada Kamis, 14 Maret 2019 pukul21.00 WIB dan disiarkan langsung dari Studio 14 MNC Studios Kebon Jeruk, Jakarta


More Press Release