AKU BUKAN USTADZ: MENDADAK SOLEH

SETIAP HARI, 04.45 WIB

Namanya Soleh, tapi sholat aja nggak pernah…

 

Itu yang terjadi dengan Soleh. Anak semata wayang Ustad Sanusi, kerjaanya tawuran, ngejambret, begal dan malakin orang di pasar. Selain itu Soleh juga ketua geng Kuburan yang sering bikin rusuh di kampung. Saking badungnya Soleh, Ustadz Sanusi dan istri udah gak tau harus berbuat apa lagi bahkan banyak yang nyumpahin dia mati.

 

Eh, kejadian! Soleh kecelakaan motor dan meninggal. Saat Soleh dinyatakan meninggal warga kampung bukannya berduka cita, tapi malah bersuka cita. Cuma Soleh ni yang bikin warga kampung begini. Eh tapi ternyata ajaibnya, Soleh hanya mati suri…

 

Setelah bangkit dari mati suri, Soleh mengalami Short Term Memory Lost atau amnesia sebagian. Soleh tetap ingat siapa dirinya, keluarga dan orang- orang di lingkungannya, termasuk teman genknya. Nah yang hilang dari ingatan Soleh justru masa-masa dia jadi berandal. Soleh mendadak rajin ibadah, doyan ngaji dan demen belajar agama. Semua dibuat takjub dan nyaris nggak percaya. Bahkan ada beberapa orang yang sampe menganggapnya sakti karena bisa nyembuhin orang sakit!

 

Nabila adalah wanita pujaan Soleh. Dia gadis solehah berhijab anak seorang Haji terkaya di kampung tempat soleh tinggal. Satu-satunya penghalang adalah bapaknya sendiri. Namanya Haji Mabruk. Haji Mabruk pernah ada terlibat cinta segitga dengan Ustadz Sanusi. Haji Mabruk bawaannya baper mulu, apalagi kalau ketemu Ustad Sanusi dan Aida yang tampak akur, sementara dia kembali jadi jomblo ditinggal mati istrinya, yang meninggal karena tabrak lari. Haji Mabruk sendiri lebih setuju Nabila dengan Rendi, lawan dari geng Kuburan, Geng Tengkorak. Ia menyukai sosok Rendi yang dinilai santun dan berasal dari keluarga berada.

 

Dalam geng Kuburan ada dua sahabat Soleh. Vera, yang naksir berat dengan Soleh walaupun tidak sempat terucapkan, karena takut ditolak. Vera sangat cemburu jika Soleh berdekatan dengan Nabila. Yang justru suka sama Vera adalah Boni. Tapi dia gentle dan tau diri. Setelah Soleh jadi soleh kepemimpinan dilanjutkan oleh Boni. Tapi perseteruan antar dua geng tetap berlanjut. Soleh pun bingung karena ia kerap dibawa-bawa mulu ketika ada masalah dengan Rendi.

 

Berubahnya Soleh ternyata malah bikin suasana kampung lebih kacau balau. Loh kok bisa? soleh-nya si Soleh jadi kebangetan, bikin tetangga panik. Misalnya karena benar-benar mau mengikuti hadist, Soleh nyaris ngebakar rumah tetangganya yang nggak mau sholat subuh di masjid. Warga jadi bingung dengan Soleh, badung salah, berubah soleh eh malah bikin kekacauan baru…

 

Soleh jadi serba salah nih. Bagaimanakah perjalanan hijrah Soleh selanjutnya? Apakah Soleh akan benar-benar jadi soleh, atau akan kembali meninggalkan kesolehannya?


More Programs

DUNIA TERBALIK

SETIAP HARI, 21.30 WIB

TUKANG OJEK PENGKOLAN

SETIAP HARI, 18.00 WIB

CINTA YANG HILANG

SETIAP HARI, 19.45 WIB

CINTA SEBENING EMBUN

SETIAP HARI, 14.30 WIB

View All Program