Press Release

SINETRON ‘IKATAN CINTA’ RAIH PENGHARGAAN DARI KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN RI

2021-07-01

MNC Pictures, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh PT MNC Studios International Tbk (MSIN), kembali menorehkan prestasi yang membanggakan melalui penghargaan yang diberikan oleh Bapak Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, atas program sinetron unggulannya yaitu Ikatan Cinta, yang dinobatkan sebagai “Program Televisi Paling Banyak Ditonton dan Menghibur Masyarakat Selama Pandemi”.

Sinetron peringkat No.1 di Indonesia tersebut mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi, karena menjadi salah satu program drama paling berpengaruh hingga saat ini yang disiarkan di FTA TV. Serial drama dengan rating tinggi ini mencatatkan rating dan kinerja pangsa pemirsa, dengan rata-rata masing-masing 12,8% dan 47,3% sejak Januari hingga 29 Juni 2021. Ikatan Cinta ditayangkan perdana pada 19 Oktober 2020 dan baru-baru ini kembali menorehkan rekor tertinggi baru dalam kinerja pemrogramannya dengan mencapai rating 15,4% dan pangsa pemirsa sebesar 54,5% pada 20 Juni 2021.

Sepanjang tahun ini, program drama MSIN lainnya juga menorehkan kinerja yang luar biasa dengan menempatkan 6 posisi tertinggi dari 10 program drama yang paling banyak ditonton pada tahun 2021, yaitu Sinetron Ikatan Cinta, Preman Pensiun 5, dan Putri Untuk Pangeran, Amanah Wali 4 dan Amanah Wali 5

Pada hari ini Kamis 1 Juli 2021 bertempat di Studio RCTI+ MNC Studios Kebon Jeruk Jakarta Barat menjadi momen luar biasa bagi Sinetron Ikatan Cinta, yang kembali mendapatkan penghargaan yang kini datang dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Dalam acara penganugerahan sinetron Ikatan Cinta sebagai Program TV Yang Paling Banyak Ditonton dan Menghibur Masyarakat Selama Pandemi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan yang disaksikan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo kepada Managing Director MNC Pictures Titan Hermawan. Hadir juga dalam acara istimewa ini pemeran Ikatan Cinta Amanda Manopo, Arya Saloka, Evan Sanders, dan Glencha Chysara.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesodibjo : "Ini sangat luar biasa dan berterima kasih kepada Bapak Menko Airlangga Hartarto karena masih peduli melihat satu prestasi yang memang luar biasa dan memberikan penghargaan kepada sinetron ikatan cinta, dimana sinteron ini di tengah pandemi banyak menghibur masyarakat dan selama 9 bulan memiliki lebih dari 40% basis pemirsanya di Indonesia. Kita harus tetap berkreasi fokus pada kualitas di tengah pandemi ini. Terima kasih atas dukungan pada masyarakat, tanpa ada dukungan pemirsa mungkin sinetron ini tidak mendapatkan penghargaan dari Menko."

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airalngga Hartarto : "Ini adalah suatu produk kreasi industri kreatif yang sangat diminati masayakat Indonesia dan di tengah situasi pandemi ada sebuah tayangan yang masyarakat menonton secara continue setiap hari, ini adalah suatu yang extra ordinary, dan apalagi ini di produksi sendiri. Sehingga industri yang menghibur di tengah pandemi ini sangat membantu masyarakat untuk mengapresiasi bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri untuk produk-produk termasuk tayangan film. Industri seperti ini adalah sifatnya hiburan rakyat dan itu penting untuk membuat masyarakat happy. Karena happy itu penting di tengah pandemi. Dengan dipertontonkannya karya ini di tengah pandemi maka tentu diharapkan menular pada sektor lain. Kita harus terus berkarya dan bekerja dalam situasi apapun."

Direktur MSIN Valencia Tanoesoedibjo: “Di MSIN, kami sangat menghargai kerja keras karyawan, talent dan seluruh kru pendukung untuk dapat menghasilkan program seperti Ikatan Cinta, yang secara konsisten mendapatkan respon yang baik dari pemirsa kami di Indonesia. Kami berkomitmen untuk menghadirkan program-program terbaik, terutama dari produksi in-house kami untuk memenuhi kebutuhan pemirsa kami selama situasi pandemi ini. Secara keseluruhan, saya sangat yakin bahwa kinerja team produksi yang luar biasa ini akan terus berlanjut dan saya berharap program kami dapat berkembang lebih baik lagi pada tahun 2021.”

Ary Saloka / Pemeran Ikatan Cinta : "Alhamdulillah, kita dipercaya lagi mendapatkan penghargaan ini, kedepannya kita harus bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitas yang kita miliki sekarang."

Amanda Manopo / Pemeran Ikatan Cinta : "Alhamdulillah, bersyukur. Ini bukan cuma karena saya tetapi karena orang-orang yang dibalik layar, terutama untuk Sutradara dan Produser, semuanya yang bertugas dalam sinetron Ikatan Cinta membuat semuanya menjadi sukses. Semuanya sama-sama saling membantu, bekerja keras dengan ikhlas dan akhirnya menjadi saat ini.
Terima kasih sudah hadir (menteri) telah menyempatkan waktu untuk hadir kesini untuk memberikan penghargaan untuk pemain dan kru Ikatan Cinta semoga perfilman dan sinetron Indonesia makin maju dan berkembang, dan mengharumkan nama Indonesia."

Background :

Berbagai prestasi diraih Sinetron Ikatan Cinta, April lalu mendapatkan penghargaan dari Kemenparekraf karena dinilai sebagai karya ekonomi kreatif dengan pencapaian rekor penonton terbanyak di Indonesia di saat pandemi dan menjadi pop culture baru. Di bulan yang sama Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI memberikan penghargaan kepada Ikatan Cinta karena tercatat sebagai Sinetron Prime Time dengan Audience Share Nasional Tertinggi (Di atas 40% Berturut-turut).

Pencapaian yang diraih Ikatan Cinta ini bukan saja mencetak sejarah di industri pertelevisian Indonesia tapi juga menembus rekor dunia dimana baru pertama kali terjadi di negara demokrasi dengan jumlah penduduk besar diatas 50 juta jiwa.


More Press Release